home ×
Sport

4 Pembajakan Pemain Terheboh di Menit-menit Akhir

25 July 2018 By
4 Pembajakan Pemain Terheboh di Menit-menit Akhir
cnnindonesia.com

Kepindahan winger asal Brasil Malcom ke Barcelona mengembalikan ingatan pada sejumlah pembajakan pemain yang pernah membuat heboh bursa transfer Eropa dan dunia.

Malcom awalnya dijadwalkan menjalani tes medis bersama AS Roma setelah ada kesepakatan dengan klub pemilik pemain asal Brasil itu, Girondins Bordeaux. Tetapi setelah kesepakatan terjadi, Barcelona datang dengan tawaran yang lebih besar dan membuat Bordeaux berpaling.

Peristiwa itu membuat Roma berang dan tengah mempertimbangkan melayangkan gugatan hukum. Kasus pembajakan pemain ini juga pernah terjadi di bursa transfer Eropa dan dunia dalam dua dekade belakangan.

Berikut empat pembajakan pemain yang pernah membuat heboh bursa transfer dikutip dari Sportskeeda:

1. David Beckham

David Beckham lebih memilih gabung Madrid dibanding Barcelona.David Beckham lebih memilih gabung Madrid dibanding Barcelona. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)

Legenda sepak bola Inggris, David Beckham, pernah masuk dalam permasalahan transfer pemain. Saat dikabarkan akan meninggalkan Manchester United pada 2003, Beckham menjadi rebutan antara Barcelona dan Real Madrid.

Awalnya Barcelona terlihat akan mengalahkan rival abadinya itu untuk mendapatkan Beckham ketika Man United merilis pernyataan telah menerima tawaran klub asal Catalonia tersebut.

Tetapi, Beckham secara pribadi lebih senang pindah ke Madrid, dan Man United pun akhirnya menerima tawaran klub ibu kota Spanyol itu beberapa hari kemudian. Barcelona malu dan marah kepada penguasa Liga Inggris itu. Karena Barcelona sudah mengeluarkan pengumuman akan merekrut Beckham.

2. Ronaldinho

Penampilan gemilang Ronaldinho bersama Paris Saint-Germain mengundang minat Manchester United.Penampilan gemilang Ronaldinho bersama Paris Saint-Germain mengundang minat Manchester United. (AFP PHOTO / JEAN-LOUP GAUTREAU)

Barcelona tahu caranya membalas sakit hati kepada Manchester United. Pada musim panas 2003 setelah kehilangan Beckham, Blaugrana membajak Ronaldinho dari Paris Saint-Germain. Saat itu Ronaldinho merupakan target utama The Red Devils sebagai pengganti Beckham.

Pada menit-menit akhir Barcelona memberikan penawaran €30 juta atau setara dengan Rp507 miliar yang menjadi rekor transfer. Padahal ketika itu Ronaldinho merasa sudah di depan pintu untuk terbang ke Old Trafford.

Beruntung bagi Man United. Setelah kehilangan salah satu pemain bintang, Setan Merah justru mendapatkan pemain muda potensial Cristiano Ronaldo dari klub Portugal Sporting Lisbon. Ronaldo juga yang akhirnya memberikan kejayaan untuk Man United.

3. John Obi Mikel

John Obi Mikel gabung Chelsea meskipun sempat mengenakan jersey Manchester United.John Obi Mikel gabung Chelsea meskipun sempat mengenakan jersey Manchester United. (Dylan Martinez)

Kasus John Obi Mikel yang terjadi pada musim panas 2005 sepertinya sedikit lebih parah dibanding Malcom. Pasalnya, selain pihak Obi Mikel sudah menjalin kesepakatan dengan Manchester United, sang pemain yang didampingi perwakilannya, Jim Ryan, kedapatan menggunakan jersey Setan Merah dengan nomor punggung 21 dan diketahui publik.

Hanya saja, satu bulan kemudian Mikel memilih gabung Chelsea dengan banderol €15 juta, sebesar €6 juta di antaranya menjadi milik Lyn Oslo, klub pemilik Mikel sebagai kompensasi. Saat itu Mikel mengaku tidak ingin bergabung dengan Man United.

4. Robinho

Pada bursa transfer 2008, Robinho merupakan pemain terpanas di bursa transfer. Pemain asal Brasil itu menyita perhatian pemilik Chelsea, Roman Abramovich, ketika tampil bersama Real Madrid. Kedatangan Robinho di Stamford Bridge diharapkan bisa membawa The Blues juara Liga Champions.

Baik Madrid dan Chelsea pun sepakat dengan harga €35 juta untuk Robinho. Ketika kepindahan Robinho ke London makin dekat, Chelsea membuat kesalahan dengan lebih dulu menjual kaus bernama pemain Brasil itu melalui situs online. Madrid marah, dan akhirnya merobek kesepakatan dengan Chelsea serta menjual Robinho ke Manchester City.

Berita Terkait

1044 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
cari brita aja 07 September 2019 | 18:23:32

kalau bisa jangan sampai ada pembajakan pemain lah kasian

Diky'H. Setiawan 03 September 2019 | 17:45:11

wah saya baru tau setelah baca artikel inii wah

Yoga Putra 03 September 2019 | 12:36:28

pembajakan figo adalah yang paling hebat

Martha Ilahi 03 September 2019 | 09:33:48

bagaimanapun juga akan lebih baiknyab habya

Rudhy Wahyuddin 30 August 2019 | 17:05:48

ini merupakan masalah di dunia sepak bola

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article