FIFA Resmi Terapkan VAR di Piala Dunia 2018

17 March 2018 by
FIFA Resmi Terapkan VAR di Piala Dunia 2018

FIFA mengumumkan Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di Piala Dunia 2018. Selain itu, pemain pengganti diperbanyak menjadi empat pemain.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan penggunaan teknologi VAR ini merupakan yang pertama kali di tingkat kejuaraan sepakbola sejagat.

"Kami akan menggelar Piala Dunia pertama dengan wasit yang dibantu oleh video," kata dia, kepada wartawan setelah bertemu dengan Dewan FIFA, Jumat (16/3), dikutip dari Reuters.

"Ini keputusan penting, sangat penting dan keputusan historis," imbuh dia.

Keputusan penggunaan VAR ini sendiri sudah disetujui oleh International Football Association Board (IFAB), awal bulan ini. Teknologi ini memungkinkan wasit untuk memgambil keputusan secara akurat berkat bantuan video berteknologi tinggi, misalnya, dalam kasus terjadinya gol.

Hal ini sudah diujicoba di sejumlah liga besar, diantaranya Premier League Inggris, Bundesliga Jerman, dan Serie A Italia.

Infantino mengatakan bahwa VAR telah terbukti mengurangi jumlah kesalahan wasit dalam pertandingan. Teknologi ini disebutnya sudah membantu sepak bola menjadi "olahraga yang lebih adil dan transparan".

"Tidak mungkin pada [Piala Dunia] 2018 semua orang di stadion dan di rumah tahu jika seorang wasit membuat kesalahan besar atau tidak, dan satu-satunya yang tidak tahu adalah wasit," tambah Infantino.

Dalam pernyataan lanjutan, FIFA menyebut bahwa pemain pengganti diijinkan pada Piala Dunia 2018 dalam pertandingan yang diharuskan melalui babak perpanjangan waktu. Aturan ini pun sudah disetujui oleh IFAB. Aturan saat ini masih membatasi pemain pengganti hingga tiga orang.

Sebelumnya, Infantino berulang kali berjanji akan menggunakan VAR pada Piala Dunia. Kebijakan ini menjadi prioritas sejak ia dilantik sebagai Presiden FIFA pada Februari 2016.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
100%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

123 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Afif Keren 23 March 2019 | 08:44:33

var itu bagus dalam sepak bola untuk membantu wasit apakah sang pemain dalam keadaan offside atau diving tetapi var juga mengurangi keindahan sepakbola yang tidak ada gol godhand

Ardi 23 March 2019 | 07:53:52

wah var memang sangat membantu y

Mortar Sf 13 February 2019 | 21:03:47

memang sangat menarik perhatian

Mazza N 10 February 2019 | 18:20:59

luar biasa makin maju aja tekhnologi yang digunakan

Diki puji p 07 February 2019 | 17:03:36

var itu sangat mbantu wasit

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top