home ×
Sport

Jokowi Ingin Undang Pemimpin Korut dan Korsel ke Asian Games

29 June 2018 By
Jokowi Ingin Undang Pemimpin Korut dan Korsel ke Asian Games
cnnindonesia.com

Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan Presiden Joko Widodo ingin mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menghadiri Asian Games 2018 pada Agustus nanti.

"Jadi Presiden memang berkeinginan mengundang kedua pimpinan menghadiri pembukaan Asian Games 2018. Keinginan itu dijajaki Kementerian Luar Negeri," kata Johan ketika dihubungi, Kamis (28/6).

Ia menuturkan keinginan itu kini masih dalam tahap pembahasan diplomatis antara Kementerian Luar Negeri melalui kedutaan besar masing-masing negara, belum sampai titik Jokowi mengirimkan surat resmi kepada Moon Jae-in dan Kim Jong-un. 

"Kalau surat undangan disampaikan itu belum. Harus bersama-sama Presiden," tuturnya. 

Sebelumnya, hal ini sudah disebut ketika Presiden Jokowi bertemu Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom serta Dubes Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il beberapa waktu lalu. 

Saat itu, mereka besama Jokowi berfoto bersama maskot Asian Games, yaitu Bhin Bhin, Kaka, dan Atung, sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan ajang olahraga internasional yang dimulai 18 Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang.

Korea Selatan dan Korea Utara memang mengirimkan timnya dalam Asian Games. Sebelumnya, delegasi kedua negara mengupayakan untuk mengirimkan tim gabungan dalam ajang tersebut.

Kedua negara sepakat untuk membentuk tim olahraga gabungan bulan lalu, kala hubungan kedua negara semakin baik setelah Moon Jae-in dan Kim Jong-un bertemu untuk pertama kalinya pada 27 Mei.

Tim gabungan itu dapat bersinergi bersama untuk pertandingan atau sekadar berpawai di bawah satu bendera dalam upacara pembukaan atau pembukaan satu ajang olahraga internasional.

Sebelumnya, Korut dan Korsel sendiri sudah beberapa kali menggabungkan timnya dalam ajang olahraga. Terakhir kali, kedua negara mengirimkan tim hoki perempuan gabungan dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, Februari lalu.

Berita Terkait

880 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 20 October 2019 | 08:44:57

semoga saja 2 pemimpin tersebut bisa hadir di Asian Games

Riyan Kurniawan 11 October 2019 | 17:28:05

apa mungkin bisa mempertemukan pemimpin korut dan korsel

Alam Nurdin 03 October 2019 | 08:24:53

kan memang masuk dalam wilayah asean

netti hasan 27 September 2019 | 10:49:52

kalau bisa mereka hadir ya jangan gak hadir

Sendy Putra 18 September 2019 | 12:27:27

mantap pak Jokowi hadirkan pemimpinnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article