Peluang Tidak Ada Trio MSG di Barcelona

16 July 2019 by
Peluang Tidak Ada Trio MSG di Barcelona

Penyerang baru Barcelona Antoine Griezmann bisa jadi ancaman bagi striker Luis Suarez dengan menempatkan El Pistolero di bangku cadangan skuat berjuluk Blaugrana itu.

Antoine Griezmann direkrut Barcelona dari Atletico Madrid dengan banderol 120 juta euro atau setara Rp1,88 triliun.

Di klub asal Catalunya itu Griezmann dikontrak selama lima tahun hingga 2024 dengan klausul pelepasan mencapai 800 juta euro (sekitar Rp12,6 triliun). Sejumlah pihak menyebut Griezmann akan menjadi garansi gol untuk Barcelona.

Gaya bermain Griezmann yang gemar melepaskan tembakan jarak jauh dan sering bermain dengan bola bakal melengkapi serangan Barcelona.

Dengan memiliki kaki kiri sebagai andalan, Griezmann ideal bermain sebagai sayap kiri dengan skema 4-3-3. Tetapi Griezmann memiliki kelemahan dalam melepaskan umpan silang. Griezmann ahli dalam mendribel dari sisi kiri lalu menekuk bola ke sisi dalam dan melepaskan tembakan ke gawang lawan. Atau mendribel bola hingga kotak penalti lawan kemudian memberikan umpan tarik kepada penyerang tengah.

Pada akhir pekan lalu, media-media Spanyol menyoroti prediksi gol yang bisa dibuat Barcelona dengan hadirnya trio Griezmann, Luis Suarez, dan Lionel Messi.

Luis Suarez dalam ancaman Antoine Griezmann.Luis Suarez dalam ancaman Antoine Griezmann. (REUTERS/Sergio Perez)

Dikutip dari Mundo Deportivo, trio yang kelak bakal disebut sebagai MSG (Messi, Suarez, Griezmann) itu bisa mencetak 117 gol pada musim depan dengan melihat rataan gol ketiganya dalam lima musim terakhir.

Saat lini depan diisi Ousmane Dembele, Suarez, dan Messi dalam dua musim belakangan, Barcelona hanya mengoleksi 99 gol. Jika ditambah dengan Philippe Coutinho, juara bertahan La Liga memiliki torehan 106 gol.

Dengan kedatangan Griezmann dan garansi jumlah gol yang melebihi angka 100 tersebut, peluang tim asuhan Ernesto Valverde ini mengembalikan trofi Liga Champions ke Camp Nou bisa makin besar.

Griezmann yang tergolong pemain fleksibel bisa ditempatkan di beberapa posisi. Dengan begitu pelatih Ernesto Valverde bakal memiliki lebih banyak variasi dalam meracik taktik.

Antoine Griezmann bisa bermain di beberapa posisi.Antoine Griezmann bisa bermain di beberapa posisi. (REUTERS/Javier Barbancho)

Melihat kaki kiri sebagai andalannya, Griezmann akan ideal bermain di sayap kiri jika Barcelona menggunakan tiga penyerang.

Tetapi, Griezmann tidak pandai dalam melepaskan umpan-umpan silang terukur. Keahliannya lebih mirip Messi. Berakselerasi dari sisi kiri lalu menekuk bola ke sisi dalam dan melepaskan tembakan. Atau mendribel hingga masuk kotak penalti lawan kemudian melepaskan umpan tarik.

Sejauh ini Griezmann piawai bermain di lima posisi: sayap kiri, penyerang kedua, gelandang serang, sayap kanan, dan penyerang tengah.

Give Me Sport melaporkan Valverde setidaknya bisa menempatkan Griezmann di empat posisi. Jika menggunakan skema 4-3-3, penyerang 28 tahun itu bakal diposisikan di sayap kiri, Surez di tengah dan Messi di sayap kanan.

Dengan skema 4-4-2, Griezmann bakal berduet bersama Messi di lini depan. Formasi itu akan mengorbankan Suarez yang selama ini menjadi andalan sebagai penyerang tengah.

Sementara, apabila Barcelona memainkan Dembele, Suarez, dan Messi di lini depan, maka Griezmann akan diposisikan sebagai gelandang serang.

Griezmann juga bisa bermain di sayap kanan saat Valverde memainkan 4-2-3-1, dengan Dembele di sayap kiri dan Messi sebagai penyerang kedua di belakang Suarez.

Melihat performa Griezmann sejauh ini, mantan pemain jebolan Real Sociedad itu diyakini akan menggeser Dembele dan Coutinho di posisi starter musim depan.

Meski demikian, kedatangan Griezmann juga bisa memunculkan persaingan dengan Suarez sebagai pilihan utama Valverde. Bukan tidak mungkin Griezmann akan menepikan eks striker Liverpool itu dari posisi penyerang utama dan menempatkannya di bangku cadangan Blaugrana.

Terlebih lagi pada musim lalu Barcelona kerap diterpa rumor tengah mencari pengganti Suarez. Selain Griezmann, nama-nama seperti Roberto Firmino, Rodrigo, Mauro Icardi, hingga Timo Werner disebut-sebut menjadi incaran Barcelona untuk menggantikan Suarez yang sudah 32 tahun.

Situs Transfermarkt mencatat sepanjang kariernya Griezmann lebih produktif jika dimainkan sebagai penyerang tengah. Dari 121 laga di posisi itu saat bermain di Atletico dan Real Sociedad, Griezmann mencetak 73.

Barcelona di Antara Griezmann dan Suarez

Catatan gol Griezmann saat bermain sebagai sayap kiri (38 gol) masih kalah dibanding ketika tampil sebagai penyerang kedua (42 gol). Di musim lalu, Griezmann mencetak 17 gol dari posisi penyerang tengah. Sedangkan Suarez mengemas 25 gol.

Selama bermain sebagai penyerang tengah Atletico, Griezman mencetak 73 gol yang terdiri dari: 10 gol dari sundulan, 38 gol dengan kaki kiri, 13 gol dengan kaki kanan, selebihnya dari tendangan penalti, membentur lawan, dan tendangan bebas.

Jika Barcelona ingin memiliki banyak gol dengan mengakomodir kehadiran Griezmann dan Suarez, Valverde bisa memainkan Griezmann sebagai penyerang kedua.

Di timnas Prancis, pemain kelahiran Macon itu juga lebih banyak mencetak gol di posisi penyerang kedua. Sebanyak 16 dari total 29 gol Griezmann dengan Les Bleus dicetak dari posisi penyerang kedua.

[Gambas:Video CNN]

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

220 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
WARUNG NAIKI 22 August 2019 | 08:46:41

peluang pasti ada kalo pemain berusaha bersaing

Muis 28 20 August 2019 | 12:17:57

peluang itu masih ada selama berusaha

Tri Satria 19 August 2019 | 21:43:07

trio msg tampil dengan sangat bagus

Abu Maulana 17 August 2019 | 15:58:38

trio msg sama dengan trio micin dong

Save 17 August 2019 | 15:20:45

bakalan beda lagi ya singkatan nya bro

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top